Mengenal Lebih Dekat Dengan Lhokseumawe

0
1
Mengenal Lebih Dekat Dengan Lhokseumawe

Mengenal Lebih Dekat Dengan LhokseumaweMengenal Lebih Dekat Dengan Lhokseumawe

Mengenal Lebih Dekat Dengan Lhokseumawe, Festival Kuliner Aceh di Lhokseumawe, Kuliner di Lhokseumawe, liburan di Lhokseumawe, Makanan khas Lhokseumawe, game domino terbaik androidgame poker terbaik android

Kota Lhokseumawe terletak di jalur unsur timur Sumatra. Tepatnya salah satu kota Medan dan Banda Aceh. Butuh waktu selama 6 jam perjalanan darat dari dua kota tersebut menuju Lhokseumawe. Alternatif transportasi lain ialah menggunakan pesawat baling-baling (jenis ATR 500). Tapi jadwal terbangnya tidak masing-masing hari dan masih tergantung dengan situasi cuaca.

Jika dikomparasikan dengan Banda Aceh ataupun Sabang, kota Lhokseumawe memang tidak cukup dilirik oleh wisatawan sebagai tujuan favorit. Tapi tidak boleh salah lho. Kota yang lebih dikenal sebagai kota industri (gas dan minyak) ini punya sejumlah spot yang unik untuk dinikmati. Selain tersebut kita juga dapat mencicipi kuliner khasnya. Pemerintah kota setempat pun sudah mempermaklumkan Lhokseumawe. Eh iya, tidak boleh lupa kenakan pakaian yang sopan dan tidak jarang kali jaga tingkah laku cocok aturan yang berlaku ya!

Pantai Rancong dan Pulau Seumadu
Kawasan ini menjadi kesayangan warga Lhokseumawe guna berlibur. Pantai Rancong dan Pulau Seumadu letaknya sangat berdampingan di kecamatan Muara Satu. Di pantai Rancong kita dapat leluasa berenang ataupun sekedar merasakan panorama alam dan udara bersih. Terdapat jembatan kayu yang tidak begitu lebar untuk mengarah ke pulau kecil di seberang pantai Rancong, yakni pulau Seumadu. Di pulau ini anda juga dapat menyewa boat guna mengelilingi pulau atau melulu sekedar merasakan keindahan pulau  dari atas bebatuan.

rancong_seumadu
Pantai Rancong dan Pulau Seumadu yang jadi kesayangan warga lokal.

Pantai Rancong Dan Pulau Seumadu
Pantai Rancong Dan Pulau Seumadu

Pantai Ujong Blang

Pantai Ujong Blang
Pantai Ujong Blang

Bila kita hendak menikmati santap siang di pinggir pantai, berikut tempatnya. Di pantai yang terletak di kecamatan Banda Sakti ini, kita dapat makan rujak Aceh ataupun minum es kelapa muda sambil mencungkil pandangan lepas ke Samudera Hindia. Pantai ini mempunyai garis pantai yang lumayan panjang dengan hamparan pasir yang halus.

Waduk Lhokseumawe

Waduk Lhokseumawe
Waduk Lhokseumawe

Di sekitaran waduk terdapat tidak sedikit penjual ragam jenis makanan. Ditambah dengan pemandangan waduk yang bagus, lokasi ini menjadi kesayangan warga setempat terutama anak muda untuk menguras waktu dan bergaul. Bila malam tiba, pemandangan bakal semakin unik dengan adanya sinar lampu jalan yang memantul ke air waduk serta lampu gedung Islamic Center yang berdiri megah dari kejauhan.

waduk
Waduk yang tenang.

Krueng Cunda
Terletak di wilayah Cunda, tepatnya di jalan Merdeka Barat, kita dapat melihat selat yang dinamakan oleh orang lokal sebagai krueng (bahasa Aceh = sungai). Krueng Cunda menjadi lokasi budidaya ikan kerapu oleh penduduk sekitar. Disini kita dapat menikmati hembusan angin dan tenangnya air di selat. Kegiatan nelayan di keramba dapat juga diabadikan sebagai objek fotografi yang menarik.

Kuliner lokal
Ke Lhokseumawe tidak boleh lupakan hal kuliner. Di samping mie Aceh (dengan kepiting, cumi, atau udang) yang telah terkenal berbumbu dan pedas, terdapat pula ayam tangkap yakni potongan ayam yang digoreng dan disajikan dengan daun kari dan temuru yang renyah. Kemudian terdapat martabak telur Aceh yang agak serupa telur dadar.

kuliner
Ragam kuliner lokal: ayam tangkap, kerang rebus, kue adee dan martabak aceh (Searah jarum jam, dari kiri ke kanan)

Lhokseumawe
Lhokseumawe

Bila senja hari hendak menikmati keadaan hilir mudik di jalan sambil merasakan kerang rebus dengan sambal kacang, kita dapat pergi ke jalan Perdagangan. Di sana tidak sedikit tersedia lokasi untuk bersantai dan merasakan kuliner. Di samping itu, terdapat pula restauran Bangladesh yang meluangkan roti cane dan kari domba yang telah terkenal bakal kelezatannya di Lhokseumawe.

Bila hendak mengudap kue yang legit dan manis, pilihan dapat dijatuhkan pada kue adee yang diciptakan dari bahan dasar tepung dan ubi. Kios penjaja kue adee tidak sedikit ada di wilayah Meureudu. Dan… rasanya belum menyeluruh bila ke Lhokseumawe anda tidak menjajal duriannya. Durian yang manis dimakan dengan pulut (ketan bakar) ialah hidangan yang tepat untuk memblokir kuliner di Lhokseumawe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here