DESTINASI WISATA PULAU BANGKA

0
20
DESTINASI WISATA PULAU BANGKA
DESTINASI WISATA PULAU BANGKA

DESTINASI WISATA PULAU BANGKA

Pulau Bangka adalah pulau terbesar kesembilan di Indonesia. Pulau Belitung yang adalah kembaran Pulau Bangka telah terlebih dahulu familiar berkat novel best seller Andrea Hirata berjudul Laskar Pelangi. Gabungan dari kedua pulau ini menyusun suatu provinsi; yakni Provinsi Bangka Belitung yang sudah berdiri semenjak tahun 2000, dengan Pangkal Pinang sebagai ibukotanya.

Seperti Pulau kembarannya, Pulau Bangka pun memiliki tidak sedikit destinasi pantai yang spektakuler. Batuan granit yang berukuran besar sudah menjadi karakteristik yang mengagumkan dari pantai-pantai di pulau ini. Pantainya yang masih alami dan jauh dari keramaian juga sesuai sebagai lokasi untuk melepas rasa penat dan stress-mu. Di samping pantainya, Pulau Bangka pun mempunyai Danau Kaolin. Danau ini merupakan telaga bekas galian tambang timah yang mempunyai warna biru yang sangat estetis dan eksotis.

Selain tujuan wisata pantai dan telaga kaolin yang telah terkenal, Pulau Bangka pun menyimpan tujuan wisata beda yang tidak kalah indahnya. Mulai dari wisata perbukitan, air terjun, sampai gurun pasir yang dipastikan akan menyerahkan pengalaman berwisata yang tidak terlupakan.

Mau tau lebih detil tujuan wisata apa saja yang dapat kamu kunjungi sekitar di Pulau Bangka? Berikut ini informasinya.

Danau Kaolin

DESTINASI WISATA PULAU BANGKA
Kaolin Air Bara

Seperti yang sudah disebut-sebut sebelumnya, Danau Kaolin merupakan telaga yang tercipta dampak penggalian tambang timah. Setelah kandungan timahnya habis, telaga ini juga merefleksikan warna langit biru yang paling indah. Selain telaga yang berwarna biru, terdapat juga telaga berwarna hijau yang menambah pesona Danau Kaolin Air Bara ini.
Jika hendak merasakan keadaan yang berbeda, kamu dapat datang pada senja hari untuk merasakan pemandangan matahari tenggelam yang memukau.

Pantai Tikus

DESTINASI WISATA PULAU BANGKA
Pantai Tikus

Pantai beda yang wajib anda kunjungi di Bangka ialah Pantai Tikus. Dinamakan Pantai Tikus sebab terdapat tidak sedikit jalan tikus di areal pantai yang konon adalah jalan semua penambang gelap untuk membawa timah. Pantai Tikus dijepit oleh dua pantai familiar lain, yakni Pantai Rebo dan Pantai Tikus Emas. Fasilitas yang tersedia pun sudah lumayan lengkap tergolong parkir, kamar ganti dan taman bermain.
Pantai Tikus pun biasa dikenal sebagai Pantai Vihara sebab ada Vihara di sisi atas bukit lokasi pantai. Kamu dapat mencoba naik ke Vihara Puri Agung dan merasakan pemandangan Pantai Tikus yang indahnya luar biasa. Posisinya yang terletak di Timur Laut Pulau Bangka menjadikannya tempat kesayangan untuk berburu sinar sore yang berpendar syahdu.

Pantai Parai Tenggiri
DESTINASI WISATA PULAU BANGKA
Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri memiliki tempat yang berdampingan dengan Pantai Matras. Pantai ini lumayan ramai dikunjungi wisatawan sebab mempunyai sebuah resort yang lumayan terkenal yakni Parai Beach Resort & Spa. Dengan ombak yang tenang, pasir yang putih dan pemandangan sunrise yang memukau, pantai ini pasti menjadi kesayangan para wisatawan.
Selain merasakan keindahan alamnya, anda juga dapat melakukan berbagai kegiatan wisata bahari laksana memancing ataupun menyelam. Pantai Parai Tenggiri menjadi tempat penyelaman yang istimewa karena berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan yang kaya bakal kenakekaragaman hayati. Bagi masuk ke lokasi pantai anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 25,000

Danau Ampar Red Hill
DESTINASI WISATA PULAU BANGKA
Red Hill

 

Sekilas, Red Hill atau Bukit Merah ini bentuknya serupa sekali dengan Grand Canyon tetapi dalam ukuran yang lebih kecil. Bukit berwarna kemerahan ini pun adalah bekas peninggalan tambang timah. Kamu melulu memerlukan masa-masa 40 menit dari pusat kota Pangkal Pinang guna sampai ke lokasi ini.

Red Hill sebetulnya adalah tebing yang mengelilingi suatu telaga kaolin mempunyai nama Danau Ampar. Hal ini pastinya menjadi nilai tambah dari Red Hill, sebab selain dapat menikmati bukit yang mempesona, anda juga dapat melihat air telaga biru yang menawan.

Meskipun terbentuk dari tanah yang keras, anda harus tidak jarang kali berhati-hati saat berjalan di atas gundukan tanahnya, khususnya seusai hujan.

Tentunya masih tidak sedikit bagian dari Pulau Bangka yang belum terjelajahi. Keelokan garis pantainya yang elegan dan eksotis tidak bakal pernah membuatmu jenuh untuk berkunjung. Segera rencanakan cutimu dan berliburlah ke Pulau Bangka guna melepas ketegangan dan keresahanmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here